ISTILAH-ISTILAH DALAM BRANDING YANG WAJIB KAMU PAHAMI

Dulu saya masih dibikin bingung sama bedanya branding, marketing, selling. Boro-boro paham soal brand value, brand personality, brand identity, dll, definisi branding-marketing-selling aja masih bias. ūüôą

Ternyata, setelah belajar di workshop Pak Bi @subiakto, saya baru bisa menyimpulkan dengan penuh percaya diri. Ya gimana gak percaya diri, saya belajar langsung dari master yang pengalamannya udah setengah abad lebih.

Btw saya yakin banget deh di antara kalian pasti masih ada aja yang ragu sama perbedaan branding-marketing-selling. Ayo ngaku! Haha. Nih saya ingetin lagi deh:

Branding adalah gimana menciptakan PERSEPSI dan TRUST di benak konsumen biar mereka balik terus sama kamu sbg loyal customer, bahkan jadi tribes yang melancarkan 3R: RATING, REVIEW, dan RECOMMEND ke orang.

Selling adalah tentang gimana produk kamu LAKU TERJUAL.

Marketing adalah gimana strategi kamu MENARIK PERHATIAN konsumen biar mau beli produkmu.

Iya, bisnis zaman now bukan cuma soal cuan tapi bisa make impact buat orang banyak, makanya mesti punya value yang sekaligus jadi call-to-action buat orang.

Goals-nya juga bukan cuma soal menciptakan loyal customer, tapi para brand advocate/evangelist yang nantinya bakal jadi ‚Äúsumber napas‚ÄĚ buat bisnismu. Di tengah ups and downs bisnismu, ada para evangelist yang senantiasa selalu mempromosikan produknya ke orang banyak. They will be your free promoter and advertiser. Enak deh kalo udah punya pasukan ini. Kamu tinggal duduk manis fokus sama tren bisnis, customer behavior, dan disrupsi-disrupsi yang mengancam.

Ini sih cuma sekelumit aja dari persoalan branding, marketing, dan selling, yang saya pelajari lewat workshop-nya Pak Bi. Ada buaanyaaaak strategi dan contoh kasus menarik lainnya, gak cukup dijelasin disini. Kalo mau tau, kamu wajib ikutan workshop BRANDING MARKETING SELLING 1.0 Р4.0 di tanggal 14-15 Oktober ini. Atau silahkan daftar di biolink @subiakto atau langsung ke www.linktr.ee/subiakto atau hubungi admin kami pak Kasim di 085223944575.

Semua dijelasin dari yang paling basic, jangan khawatir gak paham. Kalo gak paham ya tinggal nanya di sesi Q&A.

Gaskeun deh, ancang-ancang sebelum 2023 nanti yang kabarnya bakal resesi gede-gedean!

 

Penulis: Nungki Mayangwangi



#branding #marketing #selling #workshopBMS #workshopsubiakto #belajardaripakbi #subiakto #mayangwangi #bisabikinbrand